sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Varian Omicron menyebar pesat di Ontario Kanada

Lonjakan kasus Covid-19 di Ontario, menyumbang hampir 40% dari populasi Kanada yang berjumlah 39 juta orang.

Elmo Julianto
Elmo Julianto Selasa, 14 Des 2021 11:54 WIB
Varian Omicron menyebar pesat di Ontario Kanada

Kasus Covid-19 di Kanada dapat meningkat pesat dalam beberapa hari mendatang, karena penyebaran virus varian Omicron. Varian Omicron menyebar sangat pesat di Provinsi Ontario yang paling padat penduduknya di negara itu, kata pejabat tinggi kesehatan Kanada, Senin (13/12).

Lonjakan kasus Covid-19 di Ontario, menyumbang hampir 40% dari populasi Kanada yang berjumlah 39 juta orang, hal tersebut telah mendorong pemerintah provinsi membatalkan pelonggaran pembatasan yang rencananya akan dicabut menjelang musim liburan.

Provinsi tersebut melaporkan 1.536 kasus Covid-19 pada Senin (13/12), dan melonjak lebih dari 70% sejak seminggu yang lalu, termasuk 80 kasus varian Omicron yang telah menyebar di lebih dari 60 negara sejak pertama kali terdeteksi bulan lalu.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa varian Omicron menimbulkan risiko global "sangat tinggi", dengan beberapa bukti bahwa varian tersebut menghindari perlindungan vaksin, tetapi data klinis tentang tingkat keparahannya terbatas.

Setidaknya satu pasien telah meninggal di Inggris setelah tertular Omicron, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan pada Senin (13/12). 

Provinsi Ontario juga telah mengarahkan staf pemerintah, yang mulai secara bertahap kembali ke kantor mereka pada November, untuk kembali bekerja dari rumah setidaknya sampai awal Februari, demikian laporan dari CTV News, Senin (13/12).

Ibu Kota Provinsi Toronto, yang mempekerjakan sekitar 25% tenaga kerja kota mengatakan, stafnya akan terus bekerja dari jarak jauh sesuai dengan panduan baru dari pejabat kesehatan.

Bank of Nova Scotia (BNS.TO) yang berbasis di Toronto, pemberi pinjaman terbesar ketiga di Kanada, juga memutuskan untuk menghentikan rencana sebelumnya bagi karyawan yang bekerja dari jarak jauh untuk kembali ke kantor pusatnya mulai 17 Januari 2022.

Sponsored

Di Kota Ontarian Kingston, di sebelah timur Toronto, pihak berwenang memberlakukan pembatasan untuk memerangi infeksi Omicron. Dalam perintah sementara pada Senin (13/12), mereka mengatakan tidak lebih dari lima orang dapat berkumpul, sementara restoran tidak boleh mengizinkan makan di dalam ruangan setelah jam 10 malam.

"Jadi apa yang kita lihat di Ontario, saya berharap bisa dilihat di daerah lain di negara ini, seperti yang terlihat di Eropa dan daerah lain di dunia," kata Kepala Petugas Kesehatan Masyarakat Theresa Tam dalam konferensi pers.

"Tetapi yang pasti kita melihat penularan varian ini, mungkin pada tahap awal, tetapi ini dapat meningkat dengan cepat di hari-hari mendatang," tambahnya, setelah mengumumkan rekomendasi untuk meningkatkan sistem kesehatan masyarakat Kanada dalam sebuah laporan ke parlemen.

Kanada perlu mempekerjakan lebih banyak pekerja kesehatan, meningkatkan teknologi dan tata kelola, serta menyediakan pendanaan yang lebih stabil, katanya dalam laporan tersebut.

Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

, : WIB

Review Huawei Band 7, lebih tipis lebih ringan

Minggu, 14 Agst 2022 15:26 WIB
×
tekid