Veronica Koman diganjar penghargaan di Australia

Penghargaan tersebut mengakui keberanian Veronica Koman untuk terus membela HAM di Papua dan Papua Barat.

Aktivis dan pengacara HAM Veronica Koman saat menerima penghargaan pada Rabu (23/10). Facebook/Veronica Koman

Aktivis dan pengacara HAM Veronica Koman pada Rabu (23/10) menerima penghargaan Sir Ronald Wilson Human Rights Award atas keberaniannya mengungkap dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Papua dan Papua Barat. Penghargaan tersebut diberikan oleh Australian Council for International Development (ACFID)

Penghargaan yang diberikan di Kota Sydney tersebut mengakui keberanian yang telah ditunjukkan Veronica untuk terus membela HAM di Papua dan Papua Barat meski terjadi pelecehan dan intimidasi yang intensif.

"Veronica telah menyoroti pelanggaran atas hak-hak warga Papua Barat dengan pengorbanan diri yang besar," kata kepala eksekutif ACFID Marc Purcell.

Purcell menekankan bahwa pemerintah Australia harus memberikan perlindungan kepada Veronica sebagai pembela HAM dan mendorong Indonesia untuk membatalkan seluruh tuduhan terhadapnya.

Veronica menjadi tersangka atas tuduhan menyebarkan konten berita bohong dan provokasi terkait kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Perempuan berusia 31 tahun itu kini masuk daftar pencarian orang (DPO).