Viral, warga Taiwan buru emblem beruang hitam tinju Winnie the Pooh

Emblem itu menunjukkan seekor beruang hitam Formosa yang marah memegang bendera Taiwan dan meninju Winnie the Pooh.

Foto Reuters

Di tengah meningkatnya ketegangan antara China dan Taiwan, warga Taiwan berusaha untuk menunjukkan dukungan mereka untuk membalas gertakan China dengan sepotong emblem.

Dilaporkan Asiaone, warga Taiwan kini berburu emblem yang dikenakan oleh pilot angkatan udara mereka yang menggambarkan seekor beruang hitam Formosa meninju Winnie the Pooh - mewakili Presiden China Xi Jinping - sebagai simbol perlawanan pulau itu terhadap permainan perang China.

Tensi tinggi kedua negara ditandai dengan China yang memulai latihan militer selama tiga hari di sekitar Taiwan pada Sabtu (8 April). Latihan itu digelar sehari setelah presiden pulau itu, Tsai Ing-wen, kembali dari kunjungan singkat ke Amerika Serikat, di mana dia bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy meskipun ada peringatan dari Beijing.

Sensor China telah lama menargetkan representasi Winnie the Pooh - yang dibuat oleh penulis Inggris A.A. Milne - melalui meme internet yang membandingkan beruang fiksi dengan presiden China.

Alec Hsu, yang merancang emblem itu, telah menjualnya di tokonya sejak tahun lalu, tetapi dia melihat lonjakan pesanan setelah kantor berita militer Taiwan pada Sabtu menerbitkan foto emblem di lengan seorang pilot yang sedang memeriksa jet tempur.