Warga Ethiopia serbu kedutaan Rusia, ingin ikut tempur di Ukraina

Kantor berita Reuters melaporkan pada hari Kamis, antrean warga telah terbentuk setiap pagi di luar kedutaan.

Warga Ethiopia serbu kedutaan Rusia, ingin ikut tempur di Ukraina. Foto Reuters

Bagi sebagian warga Ethiopia, apapun pekerjaan akan mereka jalani meski dengan risiko ekstrem sekalipun.  Mereka yang punya pendirian seperti itu, kini berjajar di luar Kedutaan Besar Rusia. Tujuannya, mendaftar untuk menjadi tentara bayaran Rusia bertempur di Ukraina.

Warga Etiopia, sebagian besar membawa catatan militer berbaris di luar Kedutaan Rusia di Addis Ababa dengan harapan untuk bergabung dengan tentara Rusia. Mereka tergiur dengan rumor soal iming-iming gaji US$2.000 sesuai info yang menyebar di media sosial.

Selain itu, memang banyak orang di Ethiopia telah menyuarakan solidaritas dengan Rusia, yang telah menikmati hubungan dekat dengan negara Tanduk Afrika sejak era Soviet.

Orang-orang Etiopia telah membentuk antrean panjang di luar kedutaan Rusia dan berharap direkrut Rusia. Tetapi, pejabat kedutaan mengatakan mereka tidak merekrut pejuang asing dari negara Afrika.

Kantor berita Reuters melaporkan pada hari Kamis, antrean warga telah terbentuk setiap pagi di luar kedutaan. Reuters juga melaporkan bahwa jumlah sukarelawan membengkak selama dua minggu.