WHO: Ada peluang untuk hentikan coronavirus

WHO memuji langkah-langkah yang telah diambil China di pusat penyebaran coronavirus.

Sukarelawan memakai baju pelindung dan menyemprot disinfektan di stasiun kereta di Changsha, Provinsi Hunan, China, Selasa (4/2). ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan ada peluang untuk menghentikan coronavirus jenis baru. Dia menyebut, langkah-langkah yang diambil China untuk memerangi wabah tersebut merupakan cara yang baik untuk menyetop penyebarannya.

Berbicara di sebuah pengarahan teknis di markas WHO di Jenewa, Swiss, Ghebreyesus memuji langkah-langkah yang telah China ambil di pusat penyebaran coronavirus di Kota Wuhan, Provinsi Hubei.

"Ada peluang (untuk menghentikan coronavirus) melihat langkah-langkah kuat yang diambil China di pusat penyebaran wabah. Jadi, mari kita gunakan kesempatan ini untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dan mengendalikan wabah," ujar dia.

Komentar Ghebreyesus muncul sehari setelah pihak berwenang China mengakui adanya kekurangan dalam upaya mereka memerangi coronavirus. 

Pemerintah Tiongkok  dituduh telah meremehkan tingkat keparahan virus sejak awal dengan berusaha merahasiakannya dari publik. Pada akhir 2019, seorang dokter di Wuhan yang berupaya memperingatkan sesama rekannya mengenai coronavirus malah dituduh menyebarkan pernyataan palsu.