WHO khawatirkan 130 bayi prematur di Gaza

Setidaknya 130 bayi prematur berada dalam “risiko besar” karena kekurangan bahan bakar generator.

Dokter Palestina merawat bayi yang lahir prematur di Rumah Sakit Al Aqsa di Deir el-Balah, Gaa Strip, Minggu, 22 Oktober 2023. Foto AP/Adel Hana

Konvoi bantuan kedua yang diperuntukkan bagi warga sipil Palestina yang putus asa mencapai Gaza pada Minggu, ketika Israel memperluas serangannya hingga mencakup sasaran di Suriah dan Tepi Barat yang diduduki. Perdana Menteri Israel memperingatkan kepada kelompok militan Hizbullah Lebanon bahwa jika mereka melancarkan perangnya sendiri, “maka kami juga akan melancarkan perangnya sendiri, melumpuhkannya dengan kekuatan yang bahkan tidak dapat dibayangkannya.”

Selama berhari-hari, Israel hampir melancarkan serangan darat di Gaza menyusul serangan brutal Hamas pada 7 Oktober yang menyerang sejumlah komunitas Israel. Tank dan tentara telah berkumpul di perbatasan Gaza, menunggu perintah untuk menyeberang.

Juru bicara militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan, negaranya telah meningkatkan serangan udara di Gaza untuk mencapai sasaran yang akan mengurangi risiko bagi pasukan pada tahap perang berikutnya.

Kekhawatiran akan meluasnya perang semakin meningkat ketika pesawat-pesawat tempur Israel menyerang sasaran-sasaran di Gaza, dua bandara di Suriah dan sebuah masjid di Tepi Barat yang diduduki yang diduga digunakan oleh para militan.

Israel telah saling baku tembak dengan militan Hizbullah sejak perang dimulai, dan ketegangan meningkat di Tepi Barat, tempat pasukan Israel memerangi militan di kamp-kamp pengungsi dan melakukan dua serangan udara dalam beberapa hari terakhir.