WHO: Krisis Covid-19 di Asia Pasifik jauh dari selesai

Kasus infeksi Covid-19 saat ini telah melampaui 785.000 di seluruh dunia, dengan AS, Italia, dan Spanyol telah menyalip Tiongkok.

Ilustrasi WHO / Pixabay

Krisis yang dipicu coronavirus jenis baru masih jauh dari selesai di kawasan Asia Pasifik, dan langkah-langkah saat ini untuk mengekang penyebaran virus hanya mengulur waktu bagi sejumlah negara untuk bersiap menghadapi transmisi komunitas skala besar. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang pejabat WHO pada Selasa (31/3).

"Bahkan dengan semua tindakan, risiko penularan di kawasan itu tidak akan hilang selama pandemik berlanjut," ujar Takeshi Kasai, Direktur Regional Pasifik Barat WHO.

Corona virus jenis baru pertama kali muncul di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada akhir 2019. Kasus infeksi Covid-19 saat ini telah melampaui 785.000 di seluruh dunia, dengan Amerika Serikat, Italia, dan Spanyol menyalip Tiongkok dalam kasus yang dikonfirmasi.

"Epidemi ini masih jauh dari selesai di Asia dan Pasifik. Ini akan menjadi pertempuran jangka panjang," terang Kasai dalam pengarahan media virtual. "Kita butuh agar setiap negara terus mempersiapkan terjadinya transmisi komunitas skala besar."

Kasai menggarisbawahi bahwa negara-negara dengan sumber daya terbatas adalah prioritas, seperti negara-negara di Kepulauan Pasifik mengingat mereka harus mengirim sampel ke negara lain untuk diagnosis. Pembatasan transportasi membuat kondisinya semakin sulit.