WNI di luar negeri diimbau tidak mudik

Per Selasa, tercatat sudah 64.412 WNI dari Malaysia kembali ke Indonesia.

Petugas wanita menyemprotkan disinfektan di sebuah pasar yang ditutup di tengah penyebaran Covid-19 di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (24/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng

Plt. juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah menjelaskan bahwa berdasarkan pantauan pemerintah, umumnya banyak WNI dari kawasan terdekat, khususnya Malaysia dan Singapura, akan kembali ke Indonesia untuk mudik menjelang bulan suci Ramadan.

"Sehubungan adanya Perintah Kawalan Pergerakan (Movement Control Order/MCO) di Malaysia, perwakilan Indonesia aktif membagikan paket sembako. Dengan adanya pemberian sembako tersebut, diharapkan WNI di Malaysia tetap tinggal di sana dan memutuskan untuk tidak pulang," jelas Faizasyah dalam pengarahan media secara virutal pada Rabu (22/4).

Hingga Selasa (21/4), Faizasyah menuturkan bahwa sebanyak 113.385 paket sembako telah didistribusikan perwakilan Indonesia di Malaysia. Jumlah itu tidak termasuk 58.479 paket bantuan lainnya yang didonasikan sejumlah organisasi masyarakat.

"Paket bantuan tersebut diharapkan bisa memberikan kebutuhan mendasar bagi WNI sampai memasuki bulan Ramadan, kurang lebih selama dua minggu ke depan," lanjut dia.

Dia menambahkan, perwakilan di Malaysia akan terus mendistribusikan paket sembako kepada kelompok WNI yang dinilai paling rentan dan sangat membutuhkan bantuan selama masa MCO.