Presiden terpilih Ukraina tawarkan kewarganegaraan bagi rakyat Rusia

Tawaran Zelenskiy datang setelah Putin mengatakan akan mempercepat proses pemberian kewarganegaraan bagi penduduk di wilayah timur Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. Twitter/@zeteam_official

Presiden terpilih Ukraina Volodymyr Zelenskiy menawarkan kewarganegaraan bagi warga Rusia. Namun, penawarannya itu mengandung sindiran terhadap Kremlin.

"Kami akan memberikan kewarganegaraan Ukraina kepada semua orang yang menderita di bawah rezim otoriter dan korup. Rusia menduduki peringkat pertama dalam daftar ini, negara itu terlihat paling menderita," tulis Zelenskiy di Facebook pada Minggu (28/4).

Tawaran Zelenskiy merupakan tanggapan atas pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin yang menuturkan akan mempercepat proses pemberian kewarganegaraan bagi penduduk di wilayah timur Ukraina, yang didominasi kelompok separatis.

Pada Sabtu (27/4), Putin menyatakan tengah mempertimbangkan untuk mempermudah akses pengabulan kewarganegaraan bagi seluruh warga Ukraina yang menginginkannya.

Menurut Zelenskiy, Putin seharusnya tidak mengharapkan banyak warga Ukraina untuk menerima tawaran itu. Sebab, menurutnya, tidak seperti Rusia, warga Ukraina memiliki kebebasan berbicara, kebebasan media, dan akses internet.