10 manfaat jambu biji atasi berbagai penyakit

Banyak ilmuwan percaya jambu biji memiliki antioksidan dan vitamin yang tinggi, terutama bagian daunnya, dan dapat melindungi jantung.

Buah jambu biji. Freepik

Buah jambu biji merupakan tanaman tropis yang pertama kali ditemukan di Amerika Tengah oleh Nikolai Ivanovich Vavilov. Buah dan daun jambu biji berwarna hijau dengan daging berwarna putih atau merah dan memiliki rasa yang cenderung asam dan manis.

Buah ini kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Banyak ilmuwan percaya jambu biji memiliki antioksidan dan vitamin yang tinggi, terutama pada bagian daunnya, dan dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat jambu biji sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai salah satu bahan dasar ramuan dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut manfaat lain serta cara mengobati beberapa penyakit menggunakan jambu biji, sebagaimana disiarkan dalam kanal YouTube Kabar Perawat, disadur Rabu (21/9).

Mengobati sakit mag
Siapkan delapan helai daun jambu biji, lalu rebus dengan 1 ½ liter air, kemudian minum secara rutin selama tiga kali dalam sehari.

Menyembuhkan diare
Untuk menyembuhkan diare, dapat langsung memakan daun jambu biji yang masih muda. Cara lainnya, menyiapkan 6 helai daun jambu biji, lalu ditumbuk dan diberi satu mangkuk air hangat, kemudian saring air tersebut dan minum. Lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari hingga sembuh.