10 year challenge: Jebakan nostalgia dan privasi data

Challenge di media sosial beberapa di antaranya relatif menghibur dilakukan, tapi sisanya justru berbahaya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memainkan drum, 10 tahun lalu dan saat ini. /twitter.com/KemenPU.

Belakangan ini, warganet tengah latah membagi foto nostalgia, dan menyematkan tagar #10yearchallenge. Pengguna media sosial mengunggah foto mereka, 10 tahun lalu dan membandingkannya dengan foto saat ini. Tagar ini ramai di Facebook, Twitter, dan Instagram.

Yuliana Munairoh salah satu pengguna media sosial yang ikut-ikutan meramaikan “tantangan 10 tahun” itu. Sebagai pengguna aktif Instagram, Yuliana mengaku terusik bila tak menunjukkan perubahan potret dirinya ke para pengikutnya.

“Perasaan nostalgia yang timbul, bisa membuat terhibur. Toh, gampang juga dilakukan,” kata Yuliana kepada Alinea.id, Selasa (22/1).

Membuatnya memang mudah. Tinggal membuat dua kolase foto diri 10 tahun lalu dan sekarang. Tak perlu usaha lebih, seperti tantangan lain yang lebih dulu viral, yakni Kiki Challenge, Ice Bucket Challenge, atau Bird Box Challenge.

Yuliana tak sendiri. Salah seorang pengguna Instagram lainnya, Bayu Pratama pun ikut tantangan ini. Dia mengunggah sejumlah foto perbandingan dirinya pada 2009 dan 2019 di Instagram stories-nya.