11 makanan kaya zat besi untuk wanita hamil

Kekurangan zat besi dalam tubuh selama kehamilan merupakan penyebab utama anemia pada bayi dan anak.

Ilustrasi. Pixabay

Wanita hamil biasanya lebih rentan terhadap kurangnya zat besi, mereka membutuhkan lebih banyak nutrisi yang penting untuk menyuplai makanan tersebut ke janin dan meningkatkan jumlah sel darah merah mereka.

Kekurangan zat besi dalam tubuh selama kehamilan merupakan penyebab utama anemia pada bayi dan anak. Zat besi berperan penting dalam pengangkutan oksigen ke janin, pertumbuhan dan perkembangan bayi serta pembuatan sel darah merah. Namun, kebutuhan zat besi berubah selama masa gestasi dengan 0,8 mg/hari pada trimester pertama menjadi 3-7,5 mg/hari pada trimester ketiga.

Mikronutrien seperti zat besi selama kehamilan sangat penting. Sumber zat besi dari makanan, dibandingkan dengan suplemen zat besi, direkomendasikan oleh para ahli karena suplemen zat besi dapat mengurangi penyerapan zat besi nonheme dari sumber makanan dan meningkatkan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan lebih banyak komplikasi kehamilan.

1. Daging organ

Daging organ seperti hati, ginjal dan jantung sangat tinggi zat besi dan zat besi heme. Daging organ ini juga kaya seng, protein, dan vitamin B12 yang membantu perkembangan janin dan pembentukan sel darah merah.