4 tips agar tetap sehat dan produktif selama puasa Ramadan

Menjaga kesehatan di bulan Ramadan tidak jauh berbeda dengan bulan lainnya. Perbedaannya hanya pada waktu makan.

Ilustrasi puasa Ramadan. Getty Images

Menjaga pola hidup sehat menjadi sangat penting agar tetap aktif dan semangat saat menjalankan ibadah puasa selama bulan suci Ramadan.

Clinical nutrition specialist, Putri Sakti, menyebutkan, menjaga kesehatan di bulan Ramadan tidak jauh berbeda dengan bulan lainnya. Perbedaannya hanya pada waktu makan.

"Penting untuk kita perhatikan agar tetap sehat selama bulan puasa dengan tidak melewatkan waktu makan saat sahur, tidak mengonsumsi makanan berlebih saat berbuka, dan tetap berolahraga, serta tidur yang cukup," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (30/3).

Kombinasi menu sahur dan berbuka juga tak boleh luput dari perhatian. Chef sekaligus praktisi makanan sehat, Norman Ismail, mengatakan, kombinasi menu merupakan hal yang perlu diperhatikan agar makanan yang dikonsumsi tidak membahayakan tubuh meskipun makanannya sehat.

Selain itu, tambahnya dalam BincangShopee 4.4 Sambut Ramadan Sale bertajuk "Berpuasa Sehat agar Tetap Produktif", penting untuk menyiapkan menu buka dan sahur yang sehat dengan gizi seimbang selama Ramadan.