5 alasan wajib nonton film Bebas sambil reuni

Film terbaru dari sineas Riri Riza dan Mira Lesmana bejudul Bebas akan segera meluncur ke tengah publik, tepatnya 3 Oktober 2019.

Film terbaru dari sineas Riri Riza dan Mira Lesmana bejudul Bebas akan segera meluncur ke tengah publik, tepatnya 3 Oktober 2019. / Facebook Miles Films

Film terbaru dari sineas Riri Riza dan Mira Lesmana bejudul Bebas akan segera meluncur ke tengah publik. Diadaptasi dari film drama komedi asal Korea Selatan berjudul Sunny (2011) produksi CJ Entertainment, film Bebas siap tayang di bioskop mulai 3 Oktober 2019.

Film ini merupakan proyek kolaborasi pertama Miles Films dengan rumah produksi luar negeri. Di film ini, Riri bertindak sebagai sutradara, sedangkan Mira penulis naskah dan produser.  Dibandingkan dengan karya film produksi terdahulu, Bebas menjadi film adaptasi pertama yang diproduksi oleh Miles Film.

1. Latar sosial-politik 90-an

Film Bebas mengangkat tema persahabatan yang tergambar seperti dalam Sunny. Bedanya, Sunny mengambil latar tahun 1980-an, sedangkan Bebas mengulas kehidupan remaja pertengahan 1990-an hingga sekarang. Sunny mengangkat tema persahabatan berlatar tahun 1980-an. Saat itu, Korea Selatan tengah terjadi pergolakan politik, sosial, dan budaya. Film ini populer di Korea Selatan pada 2011.

Film Bebas pun berkesan khusus bagi Riri Riza selaku sutradara. Menurut dia, film ini berbicara dua hal. Pertama, menggambarkan bagaimana kehidupan pertengahan 1990-an. Kedua, menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat Indonesia di masa sekarang.