5 tips raih kemerdekaan finansial menurut Sequis Life

Penting bagi generasi muda untuk mulai mengelola serta merencanakan keuangan demi masa depan yang lebih baik.

Ilustrasi. Foto Pixabay

Masih banyak generasi muda di Indonesia yang belum memahami pengelolaan finansial yang baik. Hidup di tengah berbagai kemudahan teknologi membuat banyak milenial terbiasa konsumtif.

Hal ini dibuktikan dengan hasil riset Financial Fitness Index OCBC NISP bersama dengan Nielsen IQ Indonesia pada 2021, yang menunjukkan sebanyak 85,6% generasi muda di Indonesia belum memiliki kondisi keuangan yang sehat. Dari riset ini, sebanyak 46% responden mengaku percaya diri akan kondisi keuangan mereka. Namun, Direktur Muda Nielsen IQ, Inggit Primadevi, beranggapan sebaliknya.

“Padahal, sebanyak 84% dari jumlah tersebut bahkan tidak melakukan pencatatan pengeluaran dan anggaran mereka. Sedangkan baru 16% yang memiliki dana darurat untuk mempertahankan gaya hidup mereka,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, tingkat literasi keuangan milenial di Indonesia juga masih rendah dengan indeks kesehatan finansial sebanyak 37,72 poin. Sebagai perbandingan, Singapura telah mencapai indeks kesehatan finansial sebesar 61 poin.

Oleh karena itu, penting bagi generasi muda untuk mulai mengelola serta merencanakan keuangan demi masa depan yang lebih baik. Co-Founder MiPOWER by Sequis and Registered Financial Planner Edwin Limanta mendukung hal ini. Menurutnya, merdeka finansial berarti mampu memenuhi kebutuhan hidup yang layak dan bebas dari utang, bukan memiliki banyak harta dan aset.