A Private War: Kisah jurnalis perang lintas negara

Kisah film besutan Matthew Heineman ini dimulai ketika Colvin memilih pergi ke Sri Lanka, mewawancarai pemimpin pemberontak Macan Tamil.

Rosamund Pike memerankan Marie Colvin dengan sangat baik di film ini. /Imdb.com.

Wajah Kota Homs di Suriah yang luluh lantak membuka kisah film A Private War. Suara perempuan yang sedang diwawancarai juga mengiringi pembuka film ini. Suara itu berasal dari jurnalis desk luar negeri The Sunday Times, Marie Colvin.

A Private War mengangkat kisah perjuangan Marie Colvin (Rosamund Pike) saat melakukan kerja-kerja jurnalistik di beberapa negara rawan konflik. Film ini diadaptasi dari artikel “Marie Colvin’s Private War” karya Marie Brenner yang terbit di Majalah Vanity Fair pada 2012.

Jurnalis di kancah perang

Kisah film drama biografi besutan Matthew Heineman ini dimulai ketika Colvin memilih pergi ke Sri Lanka, untuk mewawancarai pemimpin pemberontak Macan Tamil pada 2001. Sebelumnya, editor luar negeri The Sunday Times Sean Ryan (Tom Hollander) yang juga bos Colvin, memerintahkan ia ke Palestina. Namun, Colvin tetap berangkat ke Sri Lanka, dengan alasan sudah melakukan janji wawancara khusus pemimpin Macan Tamil.

Tugas ke Sri Lanka inilah yang membuat mata Colvin menjadi buta sebelah—akhirnya menjadi ciri khas jurnalis perempuan pemberani tersebut, dengan mata kiri ditutup mirip bajak laut.