Apa yang perlu diketahui soal dana pensiun?

Dana ini bermanfaat untuk memberikan jaminan di usia pensiun atau saat usia tak lagi produktif untuk bekerja.

Ilustrasi. Pixabay

Masa tua adalah musim menuai bagi mereka yang tak lagi dapat bekerja dengan baik karena keterbatasan usia. Karenanya, dana pensiun merupakan tujuan keuangan jangka panjang yang perlu dipersiapkan untuk menunjang kehidupan di masa mendatang.

Dikutip dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dana pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun. Dana ini bermanfaat untuk memberikan jaminan di usia pensiun atau saat usia tak lagi produktif untuk bekerja.

Perencana Keuangan Rista Zwestika mengatakan, sebelum mempersiapkan dana pensiun, kamu perlu memperhatikan beberapa hal untuk dipenuhi terlebih dahulu sebelumnya.

“Aliran dana diawal sudah tepat belum? Sudah punya dana darurat belum? Kemudian dicek lagi, utang konsumtif produktifnya masih ada atau enggak? Lalu cek, apakah mitigasi risiko keuangan sudah aman? Kalau misalnya itu aja belum, ada baiknya jangan ngomongin dana pensiun dulu deh,” katanya dalam siaran virtual, Rabu (22/9).

Apabila poin-poin tersebut telah terpenuhi, maka kamu tersebut dikatakan layak untuk mempersiapkan tujuan keuangan jangka panjang, atau dana pensiun. Sebelum mempersiapkan tujuan keuangan jangka panjang, kamu perlu meninjau apakah dana yang dipunyai saat ini memang difokuskan untuk dana pensiun.