Begini pola hidup sehat menurut peraih Piala Citra

Khan sudah mengurangi penggunaan cairan kimia seperti sampo, pasta gigi, dan sabun mandi.

Aktor Muhammad Khan membawa Piala Citra atas kemenangannya sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2019, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (17/12).Alinea.id/Robertus Rony Setiawan

Bagi aktor muda Muhammad Khan, perilaku hidup sehat sangat penting dalam menunjang karier. Khan yang telah bercita-cita menjadi aktor sejak usia 10 tahun ini menjalankan gaya hidup minimalis dalam aktivitas keseharian.

Khan membiasakan diri untuk tidak mengonsumsi bahan yang tidak sehat, termasuk menghindari makanan cepat saji, rokok, dan minuman beralkohol.

“Aku sangat menentang budaya konsumtif. Kalau kita menjadi pelukis, hanya memakai cat dan kanvas kita masih bisa berkarya. Tetapi aktor kalau sakit, bagaimana?” kata Khan, saat berbincang dengan tim redaksi Alinea.id, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (17/12).

Di samping itu, Khan punya kebiasaan vesco-vegetarian atau pantang mengonsumsi daging dari hewan yang hidup di darat. Menyadari tubuh sebagai aset utama pekerjaannya sebagai aktor, Khan lantas beralih memakan sayur-sayuran, buah-buahan, dan ikan.

Khan yang bernama asli Nurdianto ini, awal Desember lalu terpilih sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2019 lewat film Kucumbu Tubuh Indahku. Di film itu, Khan memerankan karakter Juno, penari lengger lanang yang hidup penuh dengan memori masa lalu yang menyakitkan. Film tersebut menjadi debut Khan bermain dalam film layar lebar.