Sosial dan Gaya Hidup

Berandal Raseno, potret perbanditan dari Gunung Muria

Di balik bentang alamnya dan segala cerita mistik yang menyelimutinya, ternyata Gunung Muria menyimpan kisah kelam yang terpendam.

Senin, 25 Juni 2018 04:00

Di balik bentang alamnya dan segala cerita mistik yang menyelimutinya, ternyata Gunung Muria menyimpan kisah kelam yang terpendam dalam ingatan masyarakatnya.

Di tempat inilah, dahulu terdapat kelompok bandit yang amat ditakuti seantero Jepara dan sekitarnya.

Untuk menelusuri jejak sejarah kelompok ini, Alinea.id mencoba menggalinya dari beberapa saksi sejarah yang masih hidup. Salah satunya adalah Kasmuri (89), yang merupakan seorang sesepuh dari desa Dudakawu yang letaknya berada di kaki Gunung Muria, yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jateng. 

Saat membagi pengalamannya kepada tim Alinea.id, Kasmuri mencoba membuka memori ingatan masa kecilnya mengenai adanya teror dari kelompok bromocorah yang menyerang desanya di masa lalu. Kasmuri menuturkan bahwa di desanya dahulu pernah ada sekelompok bandit, yang dikenal oleh masyarakat desanya dengan nama “Berandal Raseno”, yang bermukim di hutan kaligupit Gunung Muria.

“Waktu itu mencekam keadaannya saya yang waktu itu masih cilik (kecil) disuruh jangan keluar sama bapak ibu saya, kalau ingin enggak diculik dan dibawa ke gunung,” paparnya saat berbincang dengan Alinea.id.

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Sukirno Editor

Tag Terkait

Berita Terkait