sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pentas Mencari Bunga Wijaya Kusuma tutup gelaran FTJ 2022

Rangkaian FTJ 2022 dimulai dari kegiatan lomba final, 1-9 Oktober, dan diakhirii Lebaran Teater, 1-12 Desember.

Erlinda Puspita Wardani
Erlinda Puspita Wardani Selasa, 13 Des 2022 13:18 WIB
Pentas Mencari Bunga Wijaya Kusuma tutup gelaran FTJ 2022

Rangkaian acara Festival Teater Jakarta (FTJ) 2022 resmi ditutup pada Senin (12/12) malam menyusul berakhirnya lomba final pada 1-9 Oktober dan Lebaran Teater pada 1-12 Desember. Kegiatan diakhir dengan pementasan teater "Mencari Bunga Wijaya Kusuma".

Acara ini merupakan bentuk keseriusan dan kerja sama antara Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta untuk mendorong ruang dialog dan eksperimentasi, yang mengakomodasi keberagaman kelompok teater di ibu kota.

"Adanya ruang dialog ini tentu bisa memberikan kesempatan beragam kelompok teater di Jakarta agar bisa lebih tumbuh dan terhubung dengan para pemangku kepentingan dari ragam sektor atau pentaheliks yang lebih luas lagi," jelas Ketua Komite Teater DKJ, Bambang Prihadi, dalam sambutannya pada malam penutupan Lebaran Teater 2022.

Bambang menyampaikan, program Lebaran Teater, yang diisi pementasan teater, diskusi, dan artist talk, bisa menjadi wadah bertemunya banyak stakeholder dengan jangkauan luas untuk memperoleh benih seniman terbaik dari di lingkungan sosial dan pendidikan serta wilayah.

"Dalam pertemuan lintas pelaku dan komunitas teater di Jakarta serta stakeholder, kita telah berdiskusi dengan penuh kelapangan sambil membayangkan dinamika pertukaran yang terjadi, dan output yang terukur, serta rencana selanjutnya yang lebih baik. Di sana ada ragam pencapaian karya yang berbeda, orientasi pelaku yang berbeda, dan pandangan stakeholder yang berbeda-beda. Ini bisa menjangkau seluruh lingkungan sosial, pendidikan, bahkan wilayah terbelakang, seperti Kepulauan Seribu atau komunitas yang terlupakan, yaitu penyandang disabilitas," tuturnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Disbud Jakarta, Iwan Henry Wardhana, menilai, perhelatan Lebaran Teater 2022 sejalan dengan tema besarnya, "Ingatan dan Kemudian" yang menjadi kontemplasi untuk memikirkan peluang perjalanan perteateran ke depan.

"Lebaran Teater bisa membaca kemungkinan keragaman dan kompleksitas ekosistem seni pertunjukan di Jakarta serta memperluas cakrawala realitas sosial untuk merangkul lebih banyak lagi pemangku kepentingan dalam menjalankan kolaborasi untuk kemajuan dunia teater," paparnya.

Iwan mengapresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara Lebaran Teater 2022 karena sukses menyelenggarakan acara. "Semoga ... bisa memberikan manfaat bagi para peserta yang terlibat sekaligus menumbuhkan optimisme dan menjalin kebersamaan dalam rangka memajukan seni budaya."

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid