Berencana menikah? Pastikan kamu simak beberapa tips ini!

Pasangan muda tidak hanya mempersiapkan pesta pernikahan saja, tetapi juga perlu persiapan untuk menghadapi kehidupan setelah pernikahan.

ilustrasi. Pexels.com

Pernikahan adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi sebagian besar orang. Sebab itu tak heran, banyak sekali pasangan yang menikah dengan mengadakan pesta dengan bujet selangit, bisa sampai miliaran rupiah.

Selain karena momen berharga, bujet pernikahan melejit tak terlepas dari tuntutan sosial untuk mengadakan pesta pernikahan yang proper.

Psikolog Klinis Inez Kristanti mengatakan, pasangan muda tidak hanya mempersiapkan pesta pernikahan saja, tetapi juga perlu persiapan untuk menghadapi kehidupan setelah pernikahan itu sendiri.

“Jadi setelah menikah, perlu dievaluasi apakah kemarin bujetnya sudah sesuai dengan apa yang direncanakan. Kemudian juga melanjutkan, (hal) apa yang sudah dipersiapkan dari sebelum menikah tadi terkait dengan perencanaan keluarga dan finansial,” katanya dalam dialog produktif, beberapa waktu yang lalu.

Inez menjelaskan, selain merencanakan keluarga dan finansial, pasangan perlu menekankan pada kemampuan berkomunikasi. Kemampuan komunikasi inilah yang akan membantu kedua pihak dalam menyelesaikan konflik yang mungkin saja timbul dalam sebuah hubungan.