Bonucci: Italia semakin termovitasi karena lagu kebangsaan diejek fans Inggris

ungkapan Leonardo Bonucci seolah mengonfirmasi kekhawatiran pelatih Inggris Gareth Southgate. Ia termotivasi karena diejek.

Tim Italia saat juara Euro 2020. foto Youtube

Atlet yang bertanding membutuhkan kekuatan fisik dan mental. Dua faktor itu sangat mempengaruhi seorang untuk mendorong kemampuan terbaiknya di arena. Pelatih Inggris, Gareth Southgate tentu paham betul dengan dinamika di lapangan itu. Dia tidak ingin lawannya, para pemain Italia ada dalam kondisi semangat tinggi saat dihadapinya di final Euro 2020.

Salah satu yang membuat atlet lebih termotivasi selain dukungan dari suporter sendiri, juga ejekan dari suporter lawan, terlebih bila menyinggung nasionalisme. Southgate, sebelum pertandingan sudah mewanti-wanti suporter Inggris untuk tidak menyoraki lagu kebangsaan Italia, karena itu bisa menjadi tambahan motivasi pemain Italia mengerahkan kemampuan terbaiknya, namun sebagian besar pendukung Inggris di Stadion Wembley tetap melakukannya.  

Pemain belakang Italia Leonardo Bonucci mengungkapkan, aksi cemoohan fans Inggris saat lagu kebangsaan Italia diperdengarkan sebelum pertandingan, membuat mereka terlecut. 

"Mereka menyoraki lagu kebangsaan kami. Mereka kira mereka sudah pasti bisa membawa trofi pulang," ujar Bonucci kepada Radio RAI 1.

Bonucci memainkan peran bintang dalam kesuksesan Azzuri di Wembley, membatalkan gol awal Luke Shaw di babak kedua dan kemudian mengonversi penalti selama adu penalti yang dimenangkan timnya 3-2.