Buka bersama ala piknik di selatan Jakarta 

Beragam makanan yang bikin adem lidah dan perut bisa disantap sambil lesehan di rerumputan.

Suasana berbuka puasa di kafe Gordi HQ, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (10/5). Alinea.id/Fadli Mubarok

Usai merampungkan pekerjaan kantornya di daerah Jakarta Pusat, Agung Kurniawan langsung mengebut kendaraan roda empatnya menuju ke sebuah kafe kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (10/5) sore itu. Walaupun sempat dihadang kemacetan, rasa kesal buyar saat Agung tiba di tempat yang ia tuju. 

Kafe Gordi HQ menjadi tempat pilihan Agung dan kelima rekannya untuk berbuka puasa sekaligus melepas kepenatan setelah seharian bekerja. Hijaunya kafe yang beralamat lengkap di di Jalan Jeruk Purut Dalam nomor 25 itu memang terkesan cepat bikin adem kepala.  

"Selain senang karena dapat berkumpul lagi dengan teman-teman lama, suasana di kafe ini juga ngebayar kegondokan hati saya waktu kejebak macet," papar Agung saat berbincang dengan Alinea.id. 

Agung mengatakan, baru kali itu dia bisa berbuka di tempat yang 'layak'. Sejak mulai bekerja tahun ini, Agung hampir selalu berbuka di jalan raya dengan sebotol produk teh dingin atau teh hangat. "Setengah jam mampir di warung atau rumah makan, lanjut jalan pulang," tuturnya. 

Namun, kali itu berbeda. Suasana kafe yang sejuk, dipenuhi rerumputan hijau, lampu-lampu berkelip, menambah keceriaan buka puasa Agung dan kawan-kawan. Agung bahkan mengibaratkan suasana Gordi HQ seperti selasar rumahnya sendiri.