Cara mengganti nama, pencatatan sipil Inggris vs Indonesia, keren mana?

Di Inggris orang mabuk bisa urus ganti nama melalui prosedur resmi. Di Indonesia, prosesnya lebih berliku. Mana yang lebih oke?

ilustrasi https://christysminute.com/


Seorang pria di Inggris mengganti namanya jadi Celine Dion. Keputusan anehnya itu hasil kombinasi tiga situasi. Lock down, mabuk, dan fantasi usai menonton konser. Mudahnya mengganti nama di Inggris. Orang mabuk pun bisa mengurus prosesnya secara legal. 

Pria itu adalah Thomas Dodd. Ia mengganti namanya lantaran sedang  di bawah pengaruh minuman alkohol dan usai menonton video konser diva pop idolanya itu, Celine Dion. Beritanya menjadi sensasi di Inggris, awal tahun ini.

"Saya terobsesi dengannya. Saya enggak bohong. Selama lock-down saya banyak menonton video konser di TV. Saya cuma bisa ingat saya sedang menyaksikan salah satu konsernya dan dapat ide bagus, setelah minum." katanya, seperti dikutip nme.com, (29/1). 

Pria 30 tahun yang bekerja di bidang hospitality ini tinggal di Tamworth, Staffordshire, dan dia sempat menonton langsung konser Celine Dion di Birmingham pada 2019.

Kekonyolan ini ditanggapi oleh Ellen DeGeneres, di acara TV-nya. Dia memanggil Celine Dion baru ini ke acaranya. Kepada Ellen, dia mengaku tidak ingat apa-apa soal prosesnya. Dia menyadari namanya telah dia ubah melalui website deedpoll, setelah datang surat ke rumahnya, setelah Natal 2020.