sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cara mengganti nama, pencatatan sipil Inggris vs Indonesia, keren mana?

Di Inggris orang mabuk bisa urus ganti nama melalui prosedur resmi. Di Indonesia, prosesnya lebih berliku. Mana yang lebih oke?

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Jumat, 18 Jun 2021 10:39 WIB
Cara mengganti nama,  pencatatan sipil Inggris vs Indonesia, keren mana?


Seorang pria di Inggris mengganti namanya jadi Celine Dion. Keputusan anehnya itu hasil kombinasi tiga situasi. Lock down, mabuk, dan fantasi usai menonton konser. Mudahnya mengganti nama di Inggris. Orang mabuk pun bisa mengurus prosesnya secara legal. 

Pria itu adalah Thomas Dodd. Ia mengganti namanya lantaran sedang  di bawah pengaruh minuman alkohol dan usai menonton video konser diva pop idolanya itu, Celine Dion. Beritanya menjadi sensasi di Inggris, awal tahun ini.

"Saya terobsesi dengannya. Saya enggak bohong. Selama lock-down saya banyak menonton video konser di TV. Saya cuma bisa ingat saya sedang menyaksikan salah satu konsernya dan dapat ide bagus, setelah minum." katanya, seperti dikutip nme.com, (29/1). 

Pria 30 tahun yang bekerja di bidang hospitality ini tinggal di Tamworth, Staffordshire, dan dia sempat menonton langsung konser Celine Dion di Birmingham pada 2019.

Kekonyolan ini ditanggapi oleh Ellen DeGeneres, di acara TV-nya. Dia memanggil Celine Dion baru ini ke acaranya. Kepada Ellen, dia mengaku tidak ingat apa-apa soal prosesnya. Dia menyadari namanya telah dia ubah melalui website deedpoll, setelah datang surat ke rumahnya, setelah Natal 2020.  

Deedpool bukan lah kantor melainkan dokumen legal. Sebab itu tidak ada kantor fisik di mana orang bisa mendatanginya untuk mengurus penggantian nama.

Lalu bagaimana sebenarnya proses di Inggris untuk penggantian nama?

Di Inggris penggantian nama bisa dengan mudah dilakukan. Orang tinggal masuk ke website Deedpoll, mengisi form hanya dalam hitungan menit. Setelah itu menunggu dokumen itu diantar ke rumah. Prosesnya hanya sekitar 24 jam. Setelah  dokumen datang, Anda tinggal butuh tanda-tangan dua saksi di atas 18 tahun.

Sponsored

Di Inggris, perkara ganti nama adalah legal. Secara hukum, nama diakui secara legal ketika digunakan. Teorinya, Anda hanya perlu mulai menggunakannya, dan secara bertahap dikenal dengan nama itu. 

Namun, dokumen legal penggantian nama dibutuhkan untuk kepentingan paspor, SIM, dan sejumlah dokumen resmi lain. Dengan dokumen pengesahan penggantian nama itu, nama baru bisa diterima untuk digunakan untuk segala urusan. Diakui semua instansi pemerintah, bank dan lain sebagainya. Biaya pengajuannya hanya sekitar Rp361 ribu.

BBC pernah melaporkan pada 2010 saja, jumlah orang Inggris yang mengganti namanya tercatat sebanyak 90 ribu orang dalam setahun. Rata-rata di atas usia 40, dan umumnya wanita yang baru bercerai.

Bagaimana cara mengubah nama di Indonesia?

Mengganti nama di Indonesia adalah perkara kompleks. Tidak semudah proses yang dilakukan ketika Thomas Dodd mabuk dan mengganti nama menjadi Celine Dion.  

Bila seseorang ingin mengajukan penggantian nama, maka yang perlu dilakukan adalah mengajukannya ke pengadilan negeri setempat.

Beberapa syarat yang harus disiapkan sebelum mengajukan penggantian nama di antaranya adalah:

1. Surat Permohonan, bermaterai 6.000 ditanda tangani oleh Pemohon (dicopy 2 eks)
2. Foto copy KTP Pemohon sebanyak 1 (satu) lembar
3. Foto copy KK Pemohon sebanyak 1 (satu) lembar
4. Foto copy Akta Nikah sebanyak 1 (satu) lembar
5. Foto copy Ijazah (jika ada hubungan dengan ijazah) sebanyak 1 (satu) lembar
6. Foto copy Akta Kelahiran sebanyak 1 (satu) lembar
7. Foto copy KTP 2 (dua) orang saksi, masing-masing sebanyak 1 (satu) lembar. (tidak dimaterai)Untuk poin 2 sampai dengan poin 6 distempel di kantor Pos bermaterai Rp 6.000. 

Poin terpenting dalam pengajuan itu adalah surat permohonan yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri setempat.Surat permohonan tersebut harus memuat alasan lengkap soal penggantian nama tersebut.

Persyaratan tersebut kemudian didaftarkan ke pengadilan setempat guna diregistrasi agar mendapat jadwal persidangan. Sidang nantinya akan dipimpin oleh seorang hakim tunggal. 

Proses biasanya hanya berjalan satu atau dua kali persidangan sampai putusan untuk dikabulkan.

Bila dikabulkan, maka nantinya penetapan hakim tersebut dibawa ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat guna diubah. Pihak dinas nantinya akan memberikan catatan pinggir soal perubahan itu. 

Selanjutnya nama baru sudah bisa dipakai secara resmi untuk berbagai kepentingan. Namun, untuk akta kelahiran tetap sama tidak perlu diubah.
 
Agar tetap bisa digunakan dan tidak menimbulkan masalah, petugas catatan sipil akan memberi catatan pinggir mengenai perubahan nama tersebut. 

Dengan akta kelahiran tersebut, Anda dapat mengurus perubahan nama Anda pada surat-surat, seperti KTP, sertifikat tanah, surat-surat sehubungan perbankan, dan lain sebagainya.

Lain Inggris, lain Indonesia masing-masing menerapkan hukum dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi sosial masyarakatnya. Bagaimana menurut Anda? 

Berita Lainnya