Covid-19: Haruskah memakai sarung tangan saat berbelanja?

Anggapan menggunakan sarung tangan ketika berbelanja atau saat ke luar rumah dapat menurunkan risiko tertular Covid-19 merupakan salah.

ilustrasi. Pexels

Belanja kebutuhan sehari-hari, seperti membeli buah dan sayur, tentu menjadi sesuatu yang berbeda di tengah pandemi seperti ini. Banyak dari kita yang masih saja khawatir untuk bepergian. Ada pula yang memilih untuk menggunakan sarung tangan saat berbelanja, karena dipikir dapat melindungi dari kuman ataupun virus-virus yang ada. 

Tetapi nyatanya, anggapan menggunakan sarung tangan ketika berbelanja atau saat ke luar rumah dapat menurunkan risiko tertular Covid-19 merupakan anggapan yang salah.

Mungkin beberapa dari kamu mengira dengan menggunakan sarung tangan, tanganmu akan tetap bersih, sehingga kamu tidak perlu lagi menggunakan hand sanitizer ataupun mencuci tangan.

Padahal, baik sarung tangan berbahan dasar karet atau nonkaret, keduanya sama-sama tidak bisa melindungi dirimu dari virus Covid-19.

Melansir dari The Straits Times, beberapa ahli dalam bidang kesehatan dari Singapura memberikan jawab atas penggunaan sarung tangan dan tindakan apa saja yang bisa dilakukan saat berbelanja bahan makanan.