Dihantui inflasi, gak perlu worry! Ini 5 tips disiplin perencanaan keuangan

Meski kini pandemi Covid-19 mulai usai, namun dampaknya masih terasa yaitu inflasi yang kian meningkat.

Ilustrasi. Pixabay

Perencanaan keuangan adalah hal penting yang harus dimiliki seseorang, apalagi jika sudah berkeluarga dan memiliki anak. Belajar dari pengalaman dua tahun belakangan, pandemi Covid-19 sempat berhasil melemahkan perekonomian baik secara global bahkan hingga perseorangan. Bagi seseorang yang belum memiliki dana darurat, pandemi tentu sangat mempersulit keadaan.

Meski kini pandemi Covid-19 mulai usai, namun dampaknya masih terasa yaitu inflasi yang kian meningkat. Tentu ini menjadikan perencanaan keuangan semakin perlu dilakukan seseorang agar mampu bertahan dalam situasi genting dan mendadak.

Dalam merencanakan keuangan, setiap pos pengeluaran harus benar-benar direncanakan dan diperhitungkan dengan matang, mulai dari pengeluaran kebutuhan rumah tangga, simpanan darurat, pengeluaran asuransi kesehatan keluarga, persiapan dana pendidikan anak, tabungan, investasi dan lain sebagainya. Semua pos tersebut, selain disiapkan untuk saat ini, tapi juga di masa mendatang. Untuk bisa melakukan perencanaan keuangan dengan baik, PFI Mega Life memiliki tips 5 disiplin, yakni:

1.       Disiplin mencatat

Biasanya seseorang mengalami defisit keuangan karena ia malas mencatat setiap pengeluaran dan hanya mengandalkan perkiraan serta memori ingatan saja untuk mendata arus keluar masuk uang. Padahal hal ini sangat riskan, banyak pengeluaran-pengeluaran kecil namun terjadi secara berulang. Jika dihitung, pengeluaran kecil ini totalnya bisa bernilai besar.