Dunia kesehatan Ghana mengerikan, para perawatnya eksodus ke Inggris

Banyak perawat spesialis telah meninggalkan negara Afrika Barat untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih baik di luar negeri.

Foto: Pulse Ghana

Dunia kesehatan Ghana mengalami masalah serius. Para perawatnya ramai-ramai eksodus ke Inggris. Mereka ingin mengubah hidup, karena di bekerja di Inggris berarti meningkatkan taraf hidup. Sementara di Ghana, gaji seorang perawat hanya cukup untuk makan. Bahkan hanya bertahan dua pekan.

Seorang kepala salah satu kelompok perawat terbesasr di dunia mengungkapkan bahwa perekrutan perawat oleh negara-negara berpenghasilan tinggi dari negara-negara miskin memang "di luar kendali". Komentar tersebut muncul saat BBC menemukan bukti bagaimana sistem kesehatan Ghana sedang berjuang karena "hengkangnya para SDM terampil ke luar negeri".

Banyak perawat spesialis telah meninggalkan negara Afrika Barat itu untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang lebih baik di luar negeri.

Pada tahun 2022, lebih dari 1.200 perawat Ghana bergabung dengan daftar perawat Inggris. Ini terjadi karena Layanan Kesehatan Nasional (NHS) semakin bergantung pada staf dari negara-negara non-UE untuk mengisi lowongan.

Meskipun Inggris mengatakan perekrutan aktif di Ghana tidak diperbolehkan, dengan media sosial perawat dapat dengan mudah melihat lowongan yang tersedia di perwalian NHS. Mereka kemudian dapat melamar pekerjaan tersebut secara langsung. Situasi ekonomi Ghana yang mengerikan jadi faktor pendorong yang besar.