Ekspresi diri dan kesenangan semu di media sosial

Banyak orang yang menunjukkan ekspresi diri di media sosial. Tujuannya berbeda-beda, mulai dari popularitas hingga mengharap endorsement.

Ria Ricis, salah seorang selebgram yang memiliki jutaan pengikut di Instagram, tengah berfoto bersama sejumlah penggemarnya. /www.instagram.com/riaricis1795.

Zaman sekarang menjadi orang terkenal caranya mudah. Unggah saja video menarik yang menggambarkan diri kita di media sosial. Bisa video jalan-jalan, sedang makan, tengah bernyanyi, atau joget. Siapa tahu, setelah diunggah menjadi selebritas.

Buktinya, sudah banyak selebritas dadakan yang lahir dari media sosial. Sebut saja Awkarin, Young Lex, dan Ria Ricis. Sebelumnya, mereka adalah orang biasa yang punya ide mengunggah video ke berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Twitter, ataupun Youtube.

Nama Ria Ricis pertama kali saya dengar dari seorang sepupu yang masih duduk di bangku SMP. Ria memiliki pengikut di akun Instagram-nya sebanyak 9,7 juta. Hampir menyaingi Presiden Joko Widodo, yang memiliki 12 juta pengikut. Ria pun memiliki akun Youtube, dengan 5,7 juta subscribers.

Belakangan, banyak perusahaan ternama yang mempromosikan produknya melalui akun media sosial Ria. Beberapa kali Ria pun diundang ke acara talk show atau konser musik di televisi.

Ketika saya cek di akun Instagram-nya, dari total 975 unggahan, konten yang diunggah Ria adalah vlog dirinya sendiri, saat bermain squishy kesayangannya, jalan-jalan bersama temannya, dan makan-makan. Di dalam channel Youtube-nya, gadis yang memiliki nama asli Ria Yunita ini pun mengunggah hal serupa.