Epidemiolog: Waspadai penyebaran Covid saat libur panjang!

Kuncinya adalah menggunakan masker untuk melindungi jalan masuknya air liur melalui hidung maupun melalui mulut.

Ilustrasi menggunakan masker saat bepergian. Pixabay

Masa pandemik memberikan masyarakat banyak pembelajaran mengenai ajaran agama. Salah satunya adalah menerapkan hidup lebih bersih agar tidak takabur dan dapat memulihkan hubungan dengan Sang Pencipta.

Ketua Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan, potensi terjadinya penyebaran Covid-19 di keramaian pada saat libur panjang kerap melalui doplet injection. Penularan dapat terjadi dari orang ke orang melalui percikan air liur atau pada waktu bicara keluar doplet. 

“Kalau itu terjadi, penularan yang terjadi di kerumunan pada saat libur panjang tersebut sangat efektif. Jadi ketika kita berkerumun, tidak menjaga jarak, maka terjadilah droplet,” tambah Tri. 

Untuk itu, Tri menyebutkan, kunci mencegah penularan adalah menggunakan masker untuk melindungi jalan masuknya air liur melalui hidung maupun melalui mulut.

Menggunakan masker dapat mengurangi penularan Covid-19, namun harus dilakukan secara rutin selama pandemi serta digunakan secara tepat.