FFI 2020 umumkan daftar film cerita panjang yang lolos kurasi

Selama tiga setengah bulan, para kurator bersama komite seleksi dan penjurian menonton 65 film yang memenuhi persyaratan pendaftaran.

Logo FFI 2020. Istimewa

65 film Indonesia dinyatakan memenuhi syarat dan berhak mengikuti seleksi. Film-film cerita panjang tersebut harus sudah pernah ditayangkan di Indonesia dalam periode 1 Oktober 2019-30 September 2020. Baik tayang reguler di bioskop, pemutaran terbatas, screening khusus undangan, peserta seleksi festival film dalam negeri, atau tayang perdana di platform streaming (OTT) yang bisa diakses publik.

Setiap minggunya para kurator bersama komite seleksi dan penjurian menonton dan berdiskusi mengenai film-film yang mendaftar.

Untuk dasar penilaian utama di tahap seleksi masih berpegang teguh pada kualitas teknis dan estetika. Berikutnya adalah profesionalisme kerja yang tercermin dari filmnya sendiri. Lalu orisinalitas cerita.

“Kami juga masih mengusung keberagaman, film-film yang akan terseleksi ada perspektif keberagaman, Bhinneka Tunggal Ika. Apa yang terjadi secara sosial di Amerika pasti memengaruhi seperti Black Lives Matter. Artinya kita sebagai manusia harus menghormati manusia tidak dari warna kulit, latar belakang, agama dan etnisitasnya. Keberagaman yang kita pertajam maksudnya adalah seperti itu. Film-film yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang setara akan kami pilih,” papar komite seleksi dan penjurian Nia Dinata dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/10).

Berikut daftar pendek film lolos kurasi FFI 2020: