Film-film edukatif tentang bahaya korupsi yang jarang diketahui

Terdapat sejumlah karya film Indonesia yang mengedukasi bahaya laten korupsi.

Ilustrasi/Pixabay

Dewan Perwakilan Rakyat sudah memilih lima orang pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2019–2023, Jumat dini hari (13/9) lalu. Banyak lembaga sosial dan kelompok masyarakat memprotes hasil itu dan menyuarakan keprihatinannya. Terlebih Wakil Ketua KPK Saut Situmorang lantas mengundurkan diri beberapa jam setelah terpilihnya Firli Bahuri sebagai Ketua KPK baru.

Pemilihan Firli diwarnai pandangan miring dengan dugaan keputusan itu untuk melindungi kepentingan anggota DPR, selain melumpuhkan peran KPK. Upaya pelemahan KPK tampak makin mulus seiring pembahasan revisi UU KPK di parlemen.

Padahal, seperti dikatakan Novel Baswedan, peran KPK sangat urgen sebagai gerbang utama pencegahan kerugian lebih besar bagi bangsa.

“Korupsi adalah salah satu masalah yang besar karena dapat menghambat kesejahteraan masyarakat ataupun menimbulkan kerusakan lingkungan,” kata Novel, dalam wawancara eksklusif dengan Alinea.id di rumahnya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (10/4) silam.

Demonstrasi pro-kontra terhadap nasib KPK pun berujung ricuh di halaman kantor KPK Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat sore (13/9). Dalam keriuhan pelemahan KPK yang seakan tak kunjung surut, terdapat sejumlah karya film Indonesia yang mengedukasi bahaya laten korupsi. Lewat film-film berikut kita bisa berefleksi tentang bahaya korupsi yang dekat sekali dengan kehidupan sehari-hari.