Film Iqro: My Universe, memperhadapkan sains dengan agama

Sebagai film yang ketat dengan keislaman, ada nilai yang ingin ditonjolkan dalam film yang berdurasi 101 menit itu. 

Sumber: filmiqro.com

Film Iqro: My Universe adalah perjalanan seorang pelajar yang gigih berjuang meraih mimpinya menjadi penjelajah angkasa, astronot. Demi ambisi itu, Aqilla (Aisha Nurra Datau) rela melakukan apapun, bahkan mengabaikan orang tuanya sendiri.

Untuk menggapai cita-citanya, Aqilla yang duduk di sekolah menengah mengikuti berbagai perlombaan. Setelah gagal dalam lomba di sekolahnya, Aqilla mengikuti lomba vlog yang diselenggarakan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Menurutnya, lomba itu bisa menjadi anak tangga mendekatkan pada mimpinya.

Dia sangat bersemangat mengikutinya. Lantaran hadiah yang ditawarkan berupa kunjungan ke pusat pelatihan astronot di Inggris yang sangat menggodanya.

Opa Aqilla (Cok Simbara) yang juga seorang astronom, seharusnya memudahkan penyelesaian tugas vlog yang diminta dengan tenggat terbatas. Tetapi sayangnya, Opa sedang bertugas ke luar negeri, Inggris.

Namun bukan karena Opa yang membuat Aqilla gagal memenangkan lomba, melainkan video vlog yang tersimpan di gawainya hilang, lantaran dimasukan ke dalam aquarium mini di kamar Aqilla oleh adiknya. Beruntungnya, Aqilla tetap bisa mengunjungi pusat pelatihan astronot atas undangan astronot perempuan Indonesia bernama Tsurayya (Maudy Koesnaedi).