WhatsApp Privacy Quiz: Hanya 3 dari 10 orang yang memanfaatkan fitur privasi

Lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia menggunakan WhatsApp untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga.

Ilustrasi. Logo WhatsApp

Menjelang Hari Enkripsi Global (21 Oktober), WhatsApp mengadakan, kuis privasi online untuk mengetahui seberapa besar orang Indonesia peduli dengan privasi pesan mereka dengan teman dan keluarga.

Dalam keterangan resminya, Jumat (20/10), WhatsApp menyebutkan, hasilnya, sebanyak delapan dari sepuluh orang Indonesia peduli dengan privasi pesan mereka. Namun, hanya tiga dari sepuluh orang Indonesia yang mengatakan bahwa mereka secara aktif menggunakan semua pengaturan privasi yang ditawarkan platform perpesanan.

Di sisi lain, kesadaran terhadap enkripsi end-to-end juga masih rendah, di mana hanya tiga dari sepuluh orang Indonesia yang menyatakan bahwa mereka menyadari hal tersebut.

Lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia menggunakan WhatsApp untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga. Di Indonesia, masyarakat menggunakannya beberapa kali setiap hari untuk menghubungi teman, membagikan momen favorit dengan grup keluarga, mengirim, dan menerima foto serta video, hingga berbagi dokumen dengan kolega.

Hasil kuis juga mengungkapkan bahwa orang Indonesia waspada dalam melindungi diri dari penipuan pesan: tujuh dari 10 orang Indonesia tahu apa yang harus mereka lakukan jika dimasukkan ke dalam grup oleh orang asing yang tidak diinginkan.