Hindari gagal ginjal akut, ikuti langkah berikut

Penyebab pasti gagal ginjal masih belum diketahui. Meski demikian, terdapat beberapa dugaan penyebabnya, yaitu infeksi virus, dan bakteri.

Ilustrasi. Sumber: istockphoto.com

Gagal ginjal akut merupakan kondisi ketika fungsi ginjal mendadak menurun secara signifikan atau tidak berfungsi sama sekali. Hal ini bisa berakibat fatal, tetapi bisa disembuhkan dan fungsi ginjal akan membaik apabila mendapatkan perawatan medis intensif.

Gejala umumnya yaitu diare, mual muntah, demam selama 3-5 hari, batuk, pilek, kerap mengalami kantuk, serta jumlah air seni semakin sedikit bahkan tidak bisa buang air kecil sama sekali. 

Kasus gagal ginjal akut, telah menyerang ratusan anak-anak usia 6 bulan-18 tahun dalam dua bulan terakhir, kini tengah mendapat perhatian.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, Ngabila Salama, mengatakan hingga kini penyebab pasti gagal ginjal masih belum diketahui. Meski demikian, terdapat beberapa dugaan penyebabnya, yaitu infeksi virus, bakteri, dan lainnya.

Untuk itu, Duitpintar.com selaku broker asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK dan menyediakan asuransi online terbaik, memberikan beberapa langkah yang harus dilakukan, dalam pencegahan terjadinya gagal ginjal akut, yakni: