Ingin jantung sehat? Hindari permusuhan dengan orang lain

Ada banyak cara sederhana untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya yaitu menghindari permusuhan.

Ada begitu banyak cara yang sudah cukup populer untuk menjaga kesehatan jantung. Misalnya saja berhenti merokok dan aktif secara fisik. Mempertahankan berat badan yang sehat, mengendalikan tekanan darah, dan kadar kolesterol juga merupakan kunci untuk mendapatkan tubuh prima.

Kendati demikian, para periset terus mencari cara tambahan untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Berikut adalah empat hal, yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya tentang cara menjaga kesehatan jantung, seperti dilansir dari livescience.

1. Meluangkan waktu untuk sarapan

Sebuah penelitian dari Spanyol menunjukkan bahwa menikmati sarapan sehat merupakan strategi sederhana untuk menghindari penyumbatan arteri. Menurut temuan tersebut, orang dewasa setengah baya yang secara teratur melewatkan sarapan pagi dan hanya minum kopi atau jus berpotensi dua kali lebih mungkin terkena aterosklerosis, dibandingkan dengan orang-orang yang biasanya sarapan dengan menu sehat.

Aterosklerosis, atau pengerasan dan penyempitan arteri, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung seseorang.
Orang-orang yang melewatkan sarapan pagi memiliki banyak penumpukan plak di arteri mereka dibandingkan orang-orang yang biasa sarapan, baik dengan porsi banyak atau sedikit.