Simak tips berikut agar terhindar dari permasalahan tulang dan sendi

Lima pemenuhan kebutuhan tubuh untuk hindari permasalahan tulang dan sendi.

dr. Tangkas Sibarani, Sp. OT(K). Youtube/Kemenkes.

Menjaga tulang dan sendi sangat penting, terutama bagi para lansia atau umumnya saat seseorang sudah menginjak di atas 40 tahun. Alasannya, karena berfungsi sebagai pemberi bentuk tubuh, penopang tubuh, melindungi organ dalam, alat gerak pasif, membentuk sel darah merah, dan menyimpan cadangan mineral. 
Sedangkan, fungsi dari sendi, yaitu sebagai penghubung tulang, memberi struktur, dan membantu otot menggerakkan tulang. 

Hal ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan tulang dan sendi, di antaranya melakukan aktivitas fisik atau olahraga, usia, jenis kelamin, berat badan, suku atau ras, nutrisi, hormonal, alkohol dan tembakau, penyakit kronis autoimun, serta obat-obatan tertentu dalam jangka panjang. 

dr. Tangkas Sibarani, Sp. OT(K), memberikan tips untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi:

Olahraga secara rutin
Efek saat melakukannya secara rutin dapat memberikan tekanan-tekanan ritmis pada tulang, sehingga dapat meningkatkan deposisi kalsium dan tulang menjadi lebih padat dan kuat. Olahraga yang disarankan dapat berupa angkat beban, jogging, jalan santai, sepeda, dan yoga. Namun, tidak hanya berpatokan hanya itu saja, tetapi olahraga perlu disesuaikan berdasarkan usia, kesehatan jantung, dan komorbitas yang ada.

Penuhi Konsumsi Protein
Asupan yang penting untuk kesehatan tulang yaitu protein karena dapat menjaga kesehatan tulang dan otot. 50% tulang tersusun dari protein, mempermudah penyerapan kalsium, dan kebutuhan harian berdasarkan usia dan jenis kelamin.