Inovasi anak muda dalam lomba menulis dan komik tentang sampah plastik

Acara ini dapat menjadi inspirasi bagi para pelajar dan pemuda untuk memulai aksi mereka demi lingkungan yang lebih bersih.

Ilustrasi. Pixabay

Antusias kaum muda dalam mengikuti lomba menulis dan komik EUPHORIA (Ending Plastic Pollution Through Comic and Writing Contest for A Better Indonesia) sangat tinggi. Laman panitia diakses oleh lebih dari 50.000 pengunjung selama proses lomba yang diadakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), dan Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut (TKN PSL).

Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek Sri Wahyuningsih mengatakan, lomba ini diselenggarakan sebagai sarana untuk mengedukasi generasi muda agar meningkatkan kesadarannya akan pentingnya pengelolaan sampah dan upaya pengurangan sampah dari sumbernya.

“Tercatat 1.438 karya tulis dan komik dari seluruh Indonesia yang mengikuti lomba dalam rangka HUT RI ke-76,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (18/8).

Lomba cerita pendek (cerpen) untuk sekolah dasar (SD) diikuti oleh 228 peserta, sedangkan untuk sekolah menengah pertama (SMP) diikuti oleh 566 peserta. Selain itu, lomba esai untuk sekolah menengah atas (SMA) diikuti 282 peserta dan kategori mahasiswa diikuti oleh 234 peserta. Adapun peserta lomba komik yang dibuka untuk masyarakat umum diikuti oleh 128 peserta.

Pengumuman pemenang lomba dilakukan pada acara Webinar Nasional Merdeka dari Sampah Plastik yang diadakan Rabu 18 Agustus 2021 ini, telah disiarkan melalui kanal Zoom dan YouTube dengan jumlah penonton yang kurang lebih mencapai 15.000 penonton.