Jadi tren, kenapa anak muda mengadopsi spirit doll?

Spirit doll adalah boneka menyerupai anak manusia yang dipercaya membawa arwah seorang bayi.

Selebritas Ivan Gunawan dan spirit doll-nya. Foto tangkapan layar Youtube Ivan Gunawan

Spirit doll atau boneka arwah belakangan viral di Indonesia. Spirit doll adalah boneka menyerupai anak manusia yang dipercaya membawa arwah seorang bayi.

Orang-orang yang memiliki spirit doll ini akan memperlakukannya layaknya anak sendiri. Mereka memberi pakaian, merawat, dan menggendongnya layaknya seorang bayi.

Beberapa artis Indonesia seperti Celine Evangelista, Roy Kiyoshi, Furi Harun, dan Ivan Gunawan adalah sederet figur publik yang memiliki boneka arwah ini. Dalam akun Instagram pribadinya, Ivan Gunawan bercerita dia mengadopsi dua boneka arwah yakni Miracle dan Marvel.

Tak tanggung-tanggung, Ivan Gunawan bahkan membuat akun Instagram khusus untuk kedua “anak”-nya itu. Dalam akun Instagram @anakputramahkota, Ivan memperlakukan kedua boneka itu layaknya anak sendiri. Beberapa momentum kebersamaan terekam seperti merayakan Natal, menidurkan, hingga membeli perlengkapan sehari-hari layaknya bayi manusia.

Kendati demikian, Igun, sapaan akrabnya, membantah jika bersama kedua “buah hatinya” itu dia melakukan ritual mistis. Igun mengaku tak ambil pusing dengan pandangan miring masyarakat, yang jelas dia akan tetap mengurus Miracle dan Marvel layaknya anak dan itu membuat dirinya bahagia.