Kafe hewan di Korsel antara cuan dan kontroversi

Kafe hewan yang ada saat ini memiliki waktu empat tahun untuk mendapatkan pendaftaran sebagai kebun binatang.

Foto: Korea Herald

Dikurung di balik kaca, seekor rakun montok berlari selama beberapa detik di atas roda latihan sebelum menjatuhkan diri kembali ke lantai. Di kandang berikutnya, sepasang anjing padang rumput bertengger di batang kayu di bawah cahaya buatan lampu di atas kepala.

Di sisi lain partisi, pelanggan yang gembira menyesap latte dan berfoto selfie dengan hewan-hewan. Ini adalah pemandangan yang terjadi di kafe hewan di Korea Selatan.

Popularitas kafe hewan semakin meningkat di negara ini selama satu dekade terakhir – pertama dengan kucing dan anjing, kemudian spesies satwa liar yang semakin tidak biasa di era viralitas online.

Di kafe ini saja, di distrik universitas Hongdae yang trendi di Seoul, terdapat lebih dari 40 spesies – termasuk landak, ular, rubah, dan musang – menurut tanda di pintu yang mengiklankan kafe tersebut sebagai tempat kencan yang unik.

Namun kafe-kafe tersebut juga memicu kontroversi, karena para pendukung kesejahteraan hewan telah lama mendorong pembatasan yang lebih ketat atau bahkan larangan langsung terhadap bisnis-bisnis tersebut.