Kemendikbudristek gelar Indonesia Bertutur 2022 di Candi Borobudur

Manfaat dari festival tersebut, diharapkan menjadi sumber edukasi pengalaman dan inspirasi bagi masyarakat.

Indonesia Bertutur 2022. Foto: mobile.twitter.com/potrenesa

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan menteri-menteri bidang kebudayaan negara anggota G20, yang mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”. Melalui tema ini, Indonesia berharap dan mengajak negara-negara di dunia untuk bersama-sama mendukung pemulihan di berbagai sektor kehidupan.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid, menyebutkan dua tujuan Kemendikbudristek mengambil kepemimpinan G20 di bidang kebudayaan. Pertama, untuk membangun konsensus global untuk normal baru berkelanjutan. Kedua, menginisiasi agenda pemulihan global melalui pembentukan jaringan aksi bersama di bidang kebudayaan.

Sejalan dengan tema dan isu tersebut, Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, menggelar Festival Seni Budaya bertajuk 'Indonesia Bertutur 2022', di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada 7-11 September 2022. Manfaat dari festival tersebut, diharapkan menjadi sumber edukasi pengalaman dan inspirasi bagi masyarakat, khususnya generasi muda untuk ikut melestarikan warisan seni dan budaya Indonesia kepada dunia.

Festival ini diharapkan dapat memicu kreativitas para seniman, utamanya seniman muda, sehingga ekosistem kreasi konten di Indonesia semakin maju dan semakin banyak konten yang memperkenalkan budaya Indonesia.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek Ahmad Mahendra menjelaskan, melalui 'Indonesia Bertutur 2022', diharapkan dapat menjaga budaya tidak secara fisik, tetapi juga menjaga nilainya, dan mencapai ke generasi muda,