Kemenparekraf uji coba buka 20 destinasi wisata di Pulau Jawa

Uji coba ini dilakukan sebagai pembelajaran agar destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif dapat kembali dibuka secara bertahap.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di beberapa daerah turun level seiringan dengan penurunan kasus positif Covid-19. Sejalan dengan itu, beberapa destinasi wisata mulai diuji cobakan untuk kembali beroperasi.

Uji coba ini dilakukan sebagai pembelajaran agar destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif dapat kembali dibuka secara bertahap, dengan memperhatikan aspek kebersihan, kesehatan, keselamatan, serta keberlanjutan lingkungan.

Terdapat 20 destinasi wisata yang tersebar di Pulau Jawa untuk melakukan uji coba tahap pertama. Seluruh destinasi wisata dipilih dengan pemenuhan dua kriteria, yaitu sudah tersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability), dan seluruh karyawan di destinasi wisata tersebut sudah divaksinasi secara lengkap.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pemerintah berharap agar para pengelola destinasi wisata yang ditunjuk dapat memahami dengan benar hal-hal teknis yang perlu dipersiapkan sebelum membuka kembali destinasi wisata.

“Bagaimana mendapatkan QR code dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yang dapat dipindai oleh pengunjung, penerapan prokes ketat dan disiplin, serta sosialisasi dari aplikasi PeduliLindungi,” katanya dalam siaran pers, Senin (13/9).