Konsumsi suplemen vitamin D berpeluang lebih baik untuk hindari serangan jantung

Studi observasional sebelumnya telah secara konsisten mencatat hubungan yang mengaitkan kadar vitamin D dan risiko CVD.

Ilustrasi serangan jantung. Foto ©pixelheadphoto – stock adobe

Vitamin D mungkin paling identik dengan Matahari dan kesehatan tulang yang kuat, tetapi penelitian baru dari Australia menunjukkan rejimen rutin suplemen vitamin D juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung yang meyakinkan. Studi tersebut, berdasarkan uji klinis, menemukan bahwa suplemen vitamin D dapat mengurangi risiko kejadian kardiovaskular utama seperti serangan jantung di kalangan orang dewasa yang lebih tua (usia 60+).

Penulis studi menekankan bahwa perbedaan risiko absolut kecil, tetapi saat yang sama, inilah uji coba terbesar dari jenisnya hingga saat ini. Evaluasi lebih lanjut tidak diragukan lagi diperlukan, terutama di antara mereka yang menggunakan statin atau obat penyakit kardiovaskular lainnya.

Penyakit kardiovaskular (CVD) adalah istilah umum yang mencakup semua kondisi yang mempengaruhi jantung atau pembuluh darah dan merupakan salah satu penyebab utama kematian secara global. Kejadian CVD seperti serangan jantung dan stroke diproyeksikan meningkat karena populasi terus hidup lebih lama dan penyakit kronis menjadi semakin umum.

Studi observasional sebelumnya telah secara konsisten mencatat hubungan yang mengaitkan kadar vitamin D dan risiko CVD, namun sejauh ini uji coba terkontrol secara acak tidak menghasilkan bukti bahwa suplemen vitamin D mencegah kejadian kardiovaskular – mungkin karena perbedaan desain uji coba yang dapat mempengaruhi hasil.

Demi mengatasinya, tim peneliti di Australia menilai jika melengkapi orang dewasa yang lebih tua dengan dosis vitamin D bulanan akan mengubah tingkat kejadian kardiovaskular utama. Uji Coba D-Health ini dilakukan antara 2014 dan 2020 dan melibatkan 21.315 warga Australia (usia 60-84). Peserta menerima satu kapsul 60.000 IU vitamin D (10.662 orang) atau plasebo (10.653 orang) untuk dikonsumsi secara oral pada awal setiap bulan hingga lima tahun.