Manfaat dan efek samping minum teh kombucha berlebih

Minuman ini dihasilkan dari proses fermentasi, menggunakan jenis ragi dan bakteri unik untuk mengubah gula menjadi alkohol.

Ilustrasi teh kombucha./Foto Nennieinszweidrei/Pixabay.com

Meminum teh di pagi hari memang bisa menyegarkan. Teh kombucha bisa menjadi pilihan. Di dunia, teh kombucha amat populer.

Dilansir dari situs Open PR, industri kombucha global bertumbuh seiring dengan meningkatnya kepedulian terhadap berbagai penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, penyakit hati, dan diabetes. Pendorong utama lainnya, meningkatnya pengetahuan tentang manfaat kesehatan yang terkait dengan seringnya minum probiotik.

Amerika Utara mendominasi pasar kombucha pada 2022, dengan pangsa pasar 52,4%. Hal ini didorong jaringan distribusi yang kuat dan meningkatnya kesadaran konsumen di Amerika Serikat. Diikuti Eropa, dengan pangsa pasar 42,3% yang mengalami pertumbuhan karena permintaan minuman probiotik.

Lalu, di Asia Pasifik pangsa pasar sebesar 18,5%, didorong proses manufaktur yang sederhana, peningkatan konsumsi minuman beralkohol, dan peningkatan kebijakan pendapatan.

Teh kombucha memiliki rasa sedikit manis dan sedikit asam. Rasanya mirip sari apel. Minuman ini dihasilkan dari proses fermentasi, menggunakan jenis ragi dan bakteri unik untuk mengubah gula menjadi alkohol. Prosesnya sama seperti membuat bir dan anggur. Namun, kadar alkohol kombucha sangat rendah.