Museum RISD kembalikan artefak patung perunggu raja ke Nigeria

Langkah tersebut merupakan bagian dari gerakan dunia oleh lembaga-lembaga budaya untuk mengembalikan artefak yang dicuri selama perang.

Museum Rhode Island School of Design Museum (RISD) mengembalikan salah satu koleksi patung perunggu raja Afrika Barat yang disebut dengan Kepala Raja atau Oba. Foto: risdmuseum.org/

Museum Rhode Island School of Design Museum (RISD) mengembalikan salah satu koleksi patung perunggu raja Afrika Barat yang disebut dengan Kepala Raja atau Oba. 

Langkah tersebut merupakan bagian dari gerakan dunia oleh lembaga-lembaga budaya untuk mengembalikan artefak yang dicuri selama perang kolonial. 

Patung Kepala Oba sudah ada di dalam museum selama lebih dari 70 tahun. Koleksi tersebut merupakan 31 benda budaya berharga yang telah dikembalikan ke pemerintah Nigeria.

Patung Kepala Oba termasuk benda-benda yang dipindahkan ke Koleksi Nasional Nigeria selama upacara di Smithsonian Institution di Washington, DC pada Selasa (11/10) waktu setempat.

Patung dengan perunggu melambangkan oba, atau raja, orang Edo di Benin, Afrika Barat. Patung-patung tersebut memiliki tugas oleh raja yang akan datang untuk menghormati pendahulunya dan ditempatkan di altar leluhur di istana kerajaan.