NOICE hadirkan wadah bagi konten kreator Surabaya unjuk kreativitas konten audio

NOICE mencatat Surabaya sebagai urutan ke-2 kota dengan pendengar podcast terbanyak di Indonesia.

ilustrasi. ist

Konten audio digital seperti podcast, radio dan audiobook mengalami pertumbuhan yang cukup pesat di berbagai kota di Indonesia, salah satunya di Surabaya. Masyarakat di ibu kota provinsi Jawa Timur ini, khususnya generasi millenial dan Gen-Z, menjadi pendengar setia konten audio yang banyak dijangkau tidak hanya oleh pegiat industri hiburan, melainkan juga pemerintah daerah hingga kepolisian.

Sejumlah institusi tersebut aktif memanfaatkan medium podcast sebagai salah satu sarana komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi publik, aspirasi, inspirasi, topik terkini hingga berita. Platform audio streaming lokal, NOICE mencatat Surabaya sebagai urutan ke-2 kota dengan pendengar podcast terbanyak di Indonesia dengan lebih dari 550.000 pengguna hingga saat ini berasal dari kota tersebut.

Sebagai kota metropolitan dan terbesar kedua setelah Jakarta, kota Surabaya memang memiliki magnet tersendiri bagi para penggerak industri kreatif di tanah air. Mulai dari pelukis, musisi, sineas perfilman, influencer, radio announcer hingga podcaster, semua bisa ditemukan di Surabaya. Melihat potensi menjanjikan ini, NOICE, sebagai aplikasi karya anak bangsa, ingin merangkul konten kreator serta insan kreatif di Surabaya untuk bisa berkarya serta turut memajukan industri konten audio di Indonesia.

Berfokus untuk menghadirkan konten bercita rasa lokal hingga hyperlokal, NOICE memberikan dukungan bagi para konten kreator di berbagai daerah untuk berkarya sebagai podcaster dengan menciptakan konten dalam topik yang relevan serta dibawakan dengan dialek khas daerah terkait. Keunikan ini membawa NOICE menjadi platform konten audio streaming dengan jaringan podcast terbesar di Indonesia, yang menyajikan lebih dari 100 konten original dan eksklusif di aplikasi NOICE.

Chief Business Officer (CBO) NOICE, Niken Sasmaya mengatakan “Podcast dan konten audio menjadi populer karena produksinya yang mudah, tidak memerlukan peralatan rumit, serta menjadi pilihan bagi mereka yang masih malu untuk tampil di depan layar. Selain itu, podcast juga bisa dinikmati secara fleksibel sambil melakukan pekerjaan lain, saat sedang berkendara, bekerja, belajar, melakukan pekerjaan rumah, serta kegiatan lainnya tanpa perlu melihat layar atau yang kita sebut sebagai screenless moment.