Nostalgia rubrik kontak jodoh dan konsultasi asmara

Rubrik-rubrik ini tak populer sejak makin berkembangnya era teknologi internet.

Ilustrasi muda-mudi zaman dahulu menyatakan cintanya melalui surat. /Variasi edisi 14 November 1969.

Setiap 9 Oktober, diperingati Hari Pos Sedunia. Tanggal itu ditetapkan sebagai Hari Pos Sedunia oleh Serikat Pos Dunia (Universal Postal Union/UPU), saat kongres mereka di Tokyo, Jepang, pada 1969. UPU merupakan organisasi pos internasional, yang diresmikan pada 9 Oktober 1874 di Bern, Swiss.

Sebelum era internet menggurita, masyarakat berkirim surat dengan amplop ataupun kartu pos. Berkomunikasi dengan cara seperti itu jadi andalan. Tak terkecuali berkirim surat untuk calon pacar atau kekasih.

Sebagian jomlo zaman baheula, biasanya mencari jodoh melalui rubrik-rubrik khusus yang disediakan media cetak. Komunikasi melalui surat-menyurat ke pengelola rubrik itu pun dilakukan. Mereka mengirim surat berisi foto, identitas, dan alamat pos ke redaksi pengampu rubrik khusus di majalah tersebut.

Cara berkenalan remaja dahulu

Rubrik khusus untuk saling mengenal sesama remaja, yang hingga kini dikenal dengan istilah “sabahat pena”, tampaknya ada lebih dahulu di media cetak, dibandingkan rubrik konsultasi asmara dan kontak jodoh.