Nutrisi tepat penderita gangguan pernapasan di masa pandemi Covid-19

Idealnya nutrisi mikro dan makro harus terpenuhi dalam sajian makanan.

Ilustrasi Pixabay.

Gizi seimbang merupakan kunci yang teapt dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi penderita gangguan pernapasan. Perusahaan farmasi PT Kalbe Farma mengulas mengenai nutrisi yang tepat bagi penderita gangguan pernapasan di tengah pandemi Covid-19.

Medical General Manager Kalbe, Dedyanto Henky Saputra mengatakan, idealnya nutrisi mikro dan makro harus terpenuhi dalam sajian makanan. Dalam hal ini, disebut keragaman porsi. 

“Namun seringkali kita menghadirkan keragaman yang tidak seimbang. Misal karbohidratnya kebanyakan tetapi proteinnya kurang, atau vitamin mineralnya tidak terkecukupi," kata Dedy dalam keterangan resminya, Senin (7/3).

Pada kondisi tersebut, katanya, seseorang akan merasa sehat, tetapi ternyata menjadi manusia yang tidak bugar dan menimbulkan penyakit. Orang tersebut akan mengalami obesitas, hipertensi, dan diabetes.

Dia menambahkan, banyak orang sehat namun porsi keragaman makanannya tidak pas. Kondisi yang lebih rentan ditemui pada orang dengan gangguan pernapasan, yakni porsi sekaligus keragaman makanan yang tidak pas.