Olahraga ringan kembalikan kebugaran tubuh saat WFH

Olahraga mampu menghasilkan energi untuk tubuh.

Instruktur zumba memimpin latihan secara daring di sebuah tempat kebugaran di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/4). Foto Antara/Zabur karuru/wsj.

Pandemi Covid-19 menuntut berbagai aktivitas dapat dikerjakan di rumah. Olahraga tetap menjadi penting, selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai pencegahan penyebaran virus SARS-CoV-2.

Jika Work From Home (WFH), minim aktivitas gerak fisik dan pola makan yang berlebih bisa mengakibatkan penyakit dalam tubuh. Mulai dari kolesterol, diabetes, obesitas sampai hipertensi, dan jantung. 

Memang, kegiatan fisik berkurang, tetapi aktivitas bekerja di rumah tetap sangat melelahkan. Karena itu, olahraga sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar. Ahli gizi, sekaligus Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association Rita Ramayulis mengungkapkan, terdapat dua alasan mengapa banyak orang cepat lelah selama masa WFH. 

Sebab, jaringan otot jarang digerakkan karena keterbatasan ruang. Imbasnya, menurut dia, otot tersebut tidak lagi menyalurkan metabolisme energi untuk tubuh sebagaimana mestinya. 

"Tubuhnya tidak teroksigenisasi. Kalau tubuh kekurangan oksigen, akan mudah sekali membuatnya mengalami kelelahan," ucapnya, saat dihubungi, Rabu (15/4).