Bunda sedang stres? Cobalah berbicara dengan anak-anak

Stres memang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat kota. Namun jangan sampai stres memperburuk kebiasaan anda di rumah

Anda mungkin sedang menjalani hari-hari yang sulit belakangan ini. Pekerjaan di kantor menumpuk, kondisi keuangan keluarga menipis, belum lagi hubungan dengan pasangan memburuk. 

Semua hal itu tentu memicu stres. Lantas, anda mungkin berpikir bahwa anak-anak belum cukup dewasa untuk mengetahui semua masalah tersebut, dan menyimpan semua masalah sendiri.

Padahal, menurut Stephanie Smith, seorang psikolog di Colorado, Amerika Serikat, anak justru tahu apa yang sedang terjadi. Anak-anak sangat peka akan suasana hati orang tua mereka.

Meski demikian, bukan berarti orang tua tidak boleh menunjukkan stres atau emosi negatif di depan anak. Orang tua hanya perlu sadar dan bijaksana dalam mengelola emosi mereka.

Orang tua juga perlu memahami bahwa anak tidak harus melulu melihat emosi bahagia dan tenang. Stres, kesedihan, frustrasi, dan emosi negatif lainnya merupakan bagian yang normal dari kehidupan.